International Women's Day 2012


Women in action!!!
 Hari Perempuan Sedunia : International women's Day Hari ini, tanggal 8 Maret 2012, adalah hari perempuan sedunia. International Womens Day akan diperingati oleh gerakan dan semua perempuan di dunia. Ciptakan hari ini untuk menghormati perempuan sebagai sebuah tindakan kecil yang harus dilakukan setiap hari.

Di Indonesia, gaung peringatan International Womens’ Day (IWD) atau hari perempuan sedunia terbatas pada elit kelompok perempuan saja, temanya pun nyaris seragam, tentang kesejahteraan dan menolak praktek kekerasan terhadap kaum perempuan. Sementara disudut lain, jutaan kaum perempuan sama sekali tidak terusik. Di pabrik-pabrik, mereka masih saja bergulat dengan berbagai macam ekspolitasi dan penindasan.

Kedudukan perempuan sebagai sebagai penentu keputusan masih rendah, begitu pula akses perempuan terhadap sumber daya. Hal ini digarisbawahi oleh ketidaksetaraan yang masih terus berlanjut, seperti :
- masih rendahnya perwakilan perempuan dalam posisi yang berpengaruh dalam dunia politik dan ekonomi
dunia (siapa yang mengendalikan globalisasi?)
- perempuan masih mendominasi angka kaum miskin, berlanjutnya kekerasan terhadap perempuan,
- adanya pemisahan jenis kelamin (gender gap) dalam pendidikan dan besar-kecilnya gaji.

Hak yang sama bagi setiap warga negara, yang seharusnya bersifat universal, masih belum berlaku bagi perempuan, yang belum mendapatkan sumber daya yang memungkinkan mereka untuk menggunakan hak mereka sebagai warga negara.

Pekerjaan-pekerjaan reproduktif tanpa imbalan masih dibebankan di pundak perempuan di seluruh dunia, perempuan masih melakukan pekerjaan-pekerjaan reproduktif, merawat orang sakit dan jompo, merawat keluarga dan rumah tangga setiap hari – baik secara fisik maupun psikologis. Pekerjaan jenis ini diperlukan di setiap penjuru dunia, tapi masih belum diberikan imbalan, dan orang cenderung menganggap perempuan harus dan mau melakukan pekerjaan seperti ini. Kita ingin dunia mengakui pentingnya pekerjaan seperti ini dan mengakui bahwa itu merupakan tanggung jawab bersama.

Oleh karena itu, Hari Perempuan Sedunia adalah hari untuk mengarahkan fokus dunia pada hal-hal di atas dan juga masalah-masalah perempuan lainnya. Pada hari ini, saatnya perempuan untuk membina jaringan, menyusun strategi dan bergerak; tunjukkan keberadaan, suara, dan visi kita pada dunia. Melalui hari ini, kita juga harus bekerjasama dengan kaum pria mengenai kesetaraan jender. Karena, hanya dengan kerjasamalah perubahan bisa terjadi. Dan perubahan itulah yang kita inginkan.

 International women's Day - Messages from UN PBB
baju nya keren, warna merah. i do love red hahaha :*

Dalam MDGs project kepedulian akan wanita di Indonesia yaitu terpadat pada tujuah ke-3 dan k-5, yaitu :




women's avatar

let's take action to prove that women are an important aspect in achieving change and developing world.







WOMEN : Wonderful, Outstanding, Marvelous, Energic.Nice.
By : Selly Wijayanti.

Posting Komentar